Monday 12 November 2012

Peluang Usaha Keripik Tempe & Cara Membuat Keripik Tempe

Bagi pembaca blog Ide Bisnis dan Ide Usaha. Kali ini blog sederhana ini akan menerangkan tentang peluang usaha keripik tempe serta cara membuat keripik tempe.

Keripik tempe mungkin sudah banyak sekali yang memproduksi. Serta jenis kerupuk ini juga sangat mudah ditemui di pasaran.

Selain dijadikan pelengkap ketika makan, tak jarang pula keripik tempe dijadikan sebagai cemilan. Sehingga permintaan untuk keripik tempe sendiri tergolong tinggi. Untuk pembuatan keripik tempe sangatlah mudah. Serta bahan dasarnya yaitu tempe juga sangat mudah untuk diperoleh.

Walaupun baru-baru ini diganggu masalah harga kedelai yang tinggi. Tetapi sekarang harga kedelai juga sudah mulai stabil. Sehingga peluang usaha keripik tempe tetap menjadi usaha yang patut diperhitungkan.
Untuk menjalankan usaha ini, sebenarnya sangatlah sederhana. Sebab untuk membuat makanan ini tergolong mudah dan dapat dijalankan sendiri. Ya, tinggal iris-iris tempe kecil-kecil kemudian diberi bumbu-bumbu dan digoreng, jadi deah keripik gorengnya.

Untuk cara membuat keripik tempe yang lebih lengkap, berikut resep-resepnya:

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Tempe
  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram tepung tapioka atau tepung kanji
  • 1 butir telur ayam
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng
  • Bumbu yang sudah dihaluskan yaitu 10 gram ketumbar, 50 gram Bawang putih, 50 gram Kemiri, 1/4 sendok teh Kunyit bubuk ( jika suka ), 8 gram Garam serta 5 gram Daun jeruk.
Tahap-tahap membuat keripik tempe:
  1. Untuk lapisan, campurkan tepung beras, tepung tapioka, telur ayam dan bumbu yang sudah dihaluskan hingga rata.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata, kemudian sisihkan.
  3. Iris-iris tempe tipis-tipis kurang lebih dengan ketebalan kira-kira 0,5 mm – 1 mm.
  4. Celupkan tempe yang sudah diiris-iris dalam adonan lapisan, angkat kemudian tiriskan.
  5. Goreng pada minyak dengan api sedang hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan.
  6. Angkat, kemudian tiriskan dan dinginkan.
  7. Keripik tempe siap untuk dipasarkan.
Nah, bagaimana mudah bukan cara membuatnya?

Oke, sepertinya hanya itu saja ulasan sedikit mengenai peluang usaha keripik tempe serta cara membuat keripik tempe. Mudah-mudahan bagi anda yang ingin berwirausaha, khususnya bagi yang memiliki modal yang tidak terlalu besar. Usaha ini dapat dijadikan referensi, sebab usaha ini dapat dijalankan dengan modal yang kecil. Kita tidak tau kapan kita akan mati, jadi jadikanlah hidup ini supaya lebih berarti.

No comments:

Post a Comment