Sunday 23 November 2008

Meracik Masalah dengan Tepat

Ibarat "bumbu" dalam kehidupan, setiap manusia akan menemui permasalahannya. Tidak sedikit yang akhirnya stres, namun hal itu dapat dihindarai dengan mengelolanya secara terai

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, menerima sebuah masalah dengan sabar dan lapang dada. Biasanya, reaksi awal ketika Anda mendapat masalah adalah merasa tidak percaya bahwa masalah tersebut terjadi. Jika Anda seperti itu, justru akan membuat masalah menjadi semakain berat karena tanpa disadari energi Anda terkuras memikirkan hal tersebut. Cobalah untuk bersikap santai, ikhlas, dan tidak panik. Dengan demikian, pikiran pun akan lebih tenang dan memudahkan ANda mencari cara memecahkan masalah tersebut.

Kedua, carilah akar penyebab masalah tersebut. Tak ada salahnya meminta bantuan dari kerabat atau rekan yang dapat dipercaya untuk membantu memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Hal ini pun dapat membantu mengurangi kegelisahan dan kekhawatiran Anda.

Ketiga, cobalah memilah masalah menjadi bagian-bagian kecil, lalu selesaikanlah masalah tersebut secara bertahap. Dengan memilah-milah masalah yang besar, maka secara garis besar gambaran masalah Anda akan terlihat lebih jelas.

Keempat, setelah mengidentifikasi berbagai penyebab masalah, Anda akan lebih mudah berkosentrasi untuk mencari solusinya satu persatu. Apabila masalah-masalah yang lebih kecil terselesaikan, maka secara keseluruhan akan membantu menyelesaikan permasalahan yang lebih besar.

Kelima, Ambilah hikmah dari semua permasalahan yang menimpa Anda.Jadiakan hikamah tersebut sebagai sebuah pengalam yang dapat membuat Anda semakin berkembang dari hari kehari. Mental Anda akan semakin kuat bila semakin terbiasa menghadapi dan memecahkan berbagai masalah.

Keenam, hindari perasaan "down" atau rendah diri setelah menghadapi suatu masalah. Tetaplah semangat walaupun masalah datang mendera. Jangan biarkan masalah memadamkan kreativitas Anda, tetaplah bersyukur karena Anda telah diberi "bumbu" kehidupan oleh Tuhan.

Salam sukses,


Junaedi
http://www.maximart.co.cc

Sumber: RAGAM, Kompas/Klasika/Kamis, 20 November 2008


No comments:

Post a Comment